hostgator coupon site blog berbagi: mau jadi mc profesional??? baca ini dulu MASTER OF CEREMONY selamat datang dan terima kasih telah berkunjung....

Kebijakan Pemilik Blog

Mengutip sebagian atau keseluruhan isi blog ini ke blog Anda dipersilahkan ASAL menyebut URL sumber tulisan dan/atau permanent link artikel yg dikutip.Komentar, saran atau pertanyaan dapat diajukan melalui bukutamu, kotak komentar blog atau email ke: asta_bali99@yahoo.co.id. terima kasih :) 

Jumat, 30 Desember 2011

mau jadi mc profesional??? baca ini dulu MASTER OF CEREMONY


·         PENGEMBANGAN DIRI
Adanya upaya serius dari diri sendiri yang memungkinkan kita mengembangkan aspek positif dari kepribadian kita dan mengurangi sisi negatifnya.

·         PENGEMBANGAN PRIBADI
Umpan balik dari orang lain yang diberikan kepada diri kita merupakan informasi yang kaya bagi upaya pengenalan diri.
  3 konsep diri :
1.       Konsep diri data : apa yang dirasakan tentang diri sendiri.
2.       Konsep social : bagaimana orang lain memandang diri kita.
3.       Konsep ideal : bagaimana kita menginginkan diri kita sendiri.

·         MENGEMBANGKAN KEBIASAAN BARU
Menciptakan dan menjalani sederetan kebiasaan dan tingkah laku baru yang disesuaikan dengan tujuan proses usaha pengembangan diri.
1.       Motivasi yang kuat dari dala diri sendiri.
2.       Energi khusus untuk memulai kebiasaan baru.
3.       Membiasakan berpikir positif, sabar dan tidak putus asa.
4.       Meminta feedback dari orang lain.

·         ELEMEN DASAR KOMUNIKASI EFEKTIF
1.       Listening (Mendengarkan)
Aktif mencoba mencapai pengertian terhadap situasi si pembicara.
2.       Speaking (Berbicara)
Menyampaikan isi pesan, menceritakan dan menghubungkan dengan situasinya menggambarkan secara tepat berfokus pada topic selalu melakukan perbaikan.

·         FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA MISKOMUNIKASI
1.       Pengaruh perbedaan status (Status Effect)
2.       Permasalahan semantic (Semantic Problem)
3.       Penyimpangan persepsi (Perceptual Distortion)
4.       Perbedaan budaya (Cultual Differences)
5.       Gangguan yang bersifat fisik (Physical Distortion)
6.       Pilihan komunikasi yang buruk (Peorchoice of Comunication Chamels)
7.       Tidak ada umpan balik (no Feedback)



·         ACTING
Berakting yang baik adalah mampu menjalankan dengan penuh penghayatan peran yang dilakoninya bukan seperti kehendak hatinya sendiri.

·         PERAN YANG HARUS DIKUASAI
1.       Pembawa acara
2.       Penghibur
3.       Pelayanan customer
4.       Pemimpin/pembimbing peserta
5.       Wakil perusahaan
6.       Wakil pemilik acara

·         KEMAMPUAN ACTING
1.       Pengolahan gerak tubuh (peluesan, variasi, gerak, daerah jangkauan bahasa tubuh)
2.       Pengolahan mimic muka (senyuman, tatap muka, kerutan, arah pandang)
3.       Pengolahan jenis suara (kecepatan, kejelasan, vocal, tinggi rendah nada)
4.       Pengolahan kata dan bahasa (dialek dan logat, pilihan kata, ungkapan bahasa)

·         PERSIAPAN
A.      PENGATURAN TEMPAT DAN DEKORASI
1. Aman
2. Nyaman
3. Efisien
B.      PENGATUR WAKTU
1.            Pengaturan waktu harus mendapat izin dari manager.
2.            Waktu pelaksanan disesuaikan dengan kondisi stok dengan perhitungan, perbandingan dengan sales store rata-rata.
3.            Pilih waktu store sepi namun tetap dengan memperhatikan kelayakan waktu bagi customer
4.            Bila customer menghendaki waktu sulit (ramai) tawarkan waktu lain atau store lain yang kira-kira mampu.

C.                  BAHAN DAN PERALATAN
1.            Bahan dan peralaan acara dan dekorasi.
2.            Bahan dan peralatan games
3.            Bahan dan peralatan makan

D.      RENCANA CADANGAN
1.       Makanan
2.       Susunan acara
3.       Permainan
4.       Hadiah dll

·         DASAR-DASAR PENYAJIAN BERBICARA DIDEPAN UMUM
1.       Penampilan
2.       Percaya diri
3.       Kontak mata
4.       Ekspresi
5.       Artikulasi
6.       Intonasi
7.       Umpan balik

·         MASTER OF CEREMONY
Orang (bias satu atau lebih) yan bertindak sebagai pemimpin suatu acara yang berfungsi sebagai perpanjanga tangan penyelenggara acara untuk menyampaikan informasi-informasi yang perlu disampaikan.

·         JENIS-JENIS ACARA
1.       Formal
2.       Informal
3.       Adul program
4.       Teenage program
5.       Family oriented program

·         JOB DESC MASTER CEREMONY
1.          PERAN MASTER CEREMONY
a.       Pembawa acara
b.      Penghibur
c.       Pemberi shilice
d.      Pemimpin/pembimbing peserta
e.      Wakil perusahaan
f.        Wakil pemlik acara
g.       Organisator

·         TARGET KERJA MASTER CEREMONY
1.       Acara pesta customer sukses
2.       Tidak ada complain dan customer puas

·         TANGGUNG JAWAB MASTER CEREMONY
1.       Bertanggung jawab atas kelancaran pesta (ulang tahun dll)
2.       Bertanggung jawab atas kebenaran informasi yang disampaikan kepada customer dalam hal pesta
3.       Bertanggung jawab atas penggunaan fasilitas pesta baik secara kuantitas maupun kualitas
4.       Bertanggung jawab atas ketepatan waktu dan jadwal acara pesta yang tidak disepakati

·         TUGAS MASTER CEREMONY
1.       Memastikan seluruh sarana dan fasilitas untuk pesta tersedia dan cukup selama acara berlangsung
2.       Melakukan koordinasi dengan team manajemen untuk kelancaran pesta
3.       Memandu acara dan hiburan dengan antusias, menarik dan meriah
4.       Melaporkan seluruh kegiatan acara dan pemakaian sarana pesta kepada team manajemen
5.       Jika ada pesanan ambahan menu dan fasitas agar berkoordinasi dengan team manajemen

·         TEKNIK OPERASIONAL MASTER CEREMONY
1.       Teknik membawakan acara
2.       Teknik bercerita
3.       Teknik bermain/kuis
4.       Teknik bernyanyi

·         DASAR-DASAR TEKNIK VOKAL
Interpretasi, ekspresi, register, phonation, support, pastur.

·         TINDAKAN MENGATASI KENDALA KOMUNIKASI
1.       Pengirim pesan
5W+1H : Who (siapa), Why (mengapa), What (apa) When (kapan), Where (dimana) and How (bagaimana) serta kerjasama dengan penerima.
2.       Penerima pesan
Memperhatikan, mendengarkan, meminta, penegasan dan pengulangan, bekerjasama dengan pengirim.


·         TEKNIK PUBLIC SPEAKING
Public Speaking berarti kita berbicara didepan orang bayak tapi kita harus tau terlebih dulu dasar-dasar dari public speaking itu sendiri yaitu komunikasi.

·         UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
1.       Pengirim
2.       Pesan
3.       Media
4.       Penerima
5.       Maksud dan tujuan




·         PUBLIC SPEAKING
PERSIAPAN BERBICARA DIDEPAN UMUM
1.       Menentukan topic dan ujuan yang dikuasai
2.       Menganalisa lawan bicara dan situasi
3.       Mengumpulkan, mengoleksi dan menyusun bahan
4.       Menentukan metode
5.       Membahasakan ide
6.       Melatih menyajian

·         MENGATASI MASALAH
1.       Mengatasi complain
2.       Mengatasi keributan antar tamu
3.       Mengatasi kenakalan
4.       Mengatasi kekurangan bahan
5.       Mengatasi kekecewaan terhadap acara atau tidak sesuai dengan hasil negosiasi
6.       Mengatasi tamu yang tidak diundang

·         TINDAKAN YANG PERLU DIANTISIPASI DAN DIWASPADAI
a.       Peserta terliat bosan, jenuh dengan menunjukan keengganan mendengar atau memperhatikan
b.      Peserta melakukan kegiatan-kegiatan sendiri tanpa memperhatikan aktifitas yang dilakukan Master Ceremony
c.       Peserta tidak mau mengikuti atau aktif dalam acara yang diselenggarakan
d.      Si pemilik acara menunjukkan rasa tidak suka atau tidak senang
e.      Terjadi keributan kecil atau kerusakan-kerusakan atau kecelakaan


·         TATA BUSANA
PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH BUSANA
1.       Perhatikan jenis acara yang dibawakan
2.       Jenis dan karakter audience atau pemirsa
3.       Atmosfir atau suasana yang diinginkan dari acara yang dibawakan
4.       Setting atau lokasi tempat bertugas
5.       Effect lishting atau tata lampu

·         TATA RIAS
Gaya riasan wajah sebaiknya menggunakan warna alami seperti coklat, kuning, jingga hingga keemasan. Rias wajah sebaiknya dilakukan pula oleh art pria.
Gaya penatan rambut disesuaikan dengan kondisi dan gaya potongan rambut yang bersangkutan. Rambut ditata agar tampak rapid an enak dilihat.

0 komentar:

Posting Komentar